Peraturan Balap Motor di Indonesia

Di lansir dari funraceindonesia.com – Memasuki tahun 2016, beberapa aturan balap mulai diperketat oleh IMI dibawah kepemimpinan Sadikin aksa. Aturan baru ini dinilai lebih ketat terhadap para pelanggar regulasi, bahkan tak segan-segan pebalap yang melanggar nantinya akan didiskualifikasi atau dikenai hukuman berat oleh panitia lomba.

Berikut beberapa aturan balap motor berdasarkan keputusan IMI 2016 yang dikutip dari sportku.com :

1.Dewan juri berhak untuk menjatuhkan sangsi : Scorsing dengan batas waktu maksimal 30 hari

2.Arti dan Warna Bendera :
a. Bendera Kuning – Ada bahaya di lintasan, kurangi kecepatan
b. Dua Buah Bendera Kuning – Sangat Bahaya, kurangi kecepatan

3.Jika dalam Keadaan Darurat (Force Majure) berdasarkan penilaian Race Direction atau pimpinan lomba (balap tanpa system Race Direction) akan berlaku ketentuan sebagai berikut :
akan diadakan penundaan 15 menit pertama, jika belum normal akan diadakan penundaan kedua yaitu selama 15 menit lagi. Jika masih belum normal akan berlaku ketentuan sebagai berikut :
a. Jika QTT tidak dapat dilaksanakan, grid diambil berdasarkan hasil freepractice (FP)
b. Jika Balap tidak dapat dilaksanakan hasil lomba di ambil berdasarkan QTT

4. Anggota tubuh yaitu tangan tidak boleh keluar dari stang dan kaki tidak boleh keluar dari foot step (Sanksi Dikualifikasi)

5. Melewati bendera finish lebih dari 1 (satu) kali: sanksi Rp.1.000.000 / kali lewat

6. Masuk ke lintasan bukan pada kelasnya, sanksi diskualifikasi

7. Penggunaan kamera di helm, sanksi diskualifikasi

8. Melakukan manuver yang membahayakan, sanksi diskualifikasi

9. Melakukan weaving lebih dari 2 kali sanksi diskualifikasi

10. Sistem point ke system awal

11.Kelas–kelas utama MP tahun 2016 :
a. Kelas Bebek s/d 150 cc 4 langkah Tune Up Mix Seeded
b. Kelas Bebek s/d 125 cc 4 langkah Tune Up Mix Seeded
c. Kelas Bebek 125 cc 4 langkah Tune Up Pemula A
d. Kelas Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Pemula A
e. Kelas Bebek s/d 150 cc 4langkah standart Pemula B – 16 tahun
f. Kelas Bebek s/d 125 cc 4 langkah standart Pemula B – 14 tahun

Promosikan usaha anda bersama FRI
12. Kelas-kelas utama MP 2017 :
a. Kelas Bebek s/d 150 cc 4 langkah Tune Up Injection Seeded
b. Kelas Bebek s/d 125 cc 4 langkah Tune Up Injection Seeded
c. Kelas Bebek s/d 150 cc 4 langkah Tune Up Injection Mix PemulaA
d. Kelas Bebek s/d 125 cc 4 langkah Tune Up Injection Mix Pemula A
e. Kelas Bebek s/d 150 cc 4 langkah Tune Up Standart Injection  Pemula B 15 tahun
f. Kelas Bebek s/d 125 cc 4 langkah Tune Up Standart Mix Pemula B 13 tahun

13.Prosesi podium wajib dilaksanakan setelah pebalap finish dengan piala /tropy seremonial, piala / trophy tetap beserta hadiahakan diberikan setelah proses Race Scruteniring dan protes telah berakhir.

Itulah beberapa point tentang peraturan balap motor mulai musim 2016 berdasarkan keputusan Ikatan Motor Indonesia dibawah kepemimpinan yang baru.

Beberapa hal masih menjadi kontroversi misalnya point ke “4” dimana kaki tidak boleh keluar dari footstep, jika melanggar maka akan dikenakan diskualifikasi.

Promosikan usaha anda bersama FRI
image
Track dadakan ala road race di Pulau Sumatera. Semoga tidak terulang kembali
Hal ini tentunya agak rancu karena beberapa sirkuit balap motor di Indonesia masih berupa pasar senggol dengan tikungan ekstrin sehingga untuk menghindari kaki yang tidak keluar dari footstep sangat sulit. Semoga kedepannya balap motor di Indonesia semakin membaik lagi terutama perancangan layout sirkuit non permanen yang lebih safety baik bagi pembalap ataupun penonton.

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar