Biografi Alexandra Asmasoebrata Pembalap Formula 1


Mengenal Sosok Alexandra Asmasoebrata kali ini saya akan membagikan sebuah biografi tentang pembalap formulla 1
By Raya Putra
  
Updated: June 12, 2013
Mengenal-Sosok-Alexandra-Asmasoebrata-1
Jika ada yang bilang bahwa balap mobil formula hanya untuk kalangan pria saja, anggapan itu sepenuhnya salah. Ada banyak pembalap perempuan yang juga bergerak di cabang olahraga ini. Bahkan Indonesia juga memiliki satu pembalap kelas mobil formula.

Allida Alexandra Nurluthvia atau yang biasa disapa Alexandra Asmasoebrata adalah salah satu putri kebanggaan Indonesia. Wanita kelahiran Jakarta tanggal 23 Mei 1988 ini juga dikenal sebagai satu-satunya pembalap perempuan asal Indonesia di kelas gokart atau mobil formula. Meski ia seorang wanita, Alexandra Asmasoebrata sangat piawai dalam mengendarai mobil balap. Namun siapakah sosok Alexandra Asmasoebrata sebenarnya? Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut Profil Alexandra Asmasoebrata.

Biodata Alexandra Asmasoebrata
Alexandra Asmasoebrata lahir di Jakarta pada tanggal 23 Mei 1988. Ayahnya bernama Alex Asmasoebrata dan ibunya bernama Sofia Muri Mardiana. Alexandra Asmasoebrata memiliki 3 saudara yang bernama Elly W, Ahmad Z dan Aldino Asmasoebrata. Andra adalah seorang muslimah bahkan jenjang pendidikan yang telah ia peroleh juga sangat kental dengan nuansa Islam. Riwayat pendidikannya yang kental dengan nuansa Islam itu dapat dilihat dari SMP dan SMU tempat ia mengenyam Pendidikan. Dulu ia sekolah di SMP Al Azhar Kebayoran baru dan berlanjut ke SMU Al Azhar Kebayoran Baru. Sedangkan untuk jenjang perguruan tingginya ia habiskan di Fakultas Komunikasi Universitas Paramadina.

Biografi Alexandra Asmasoebrata
Mengenal-Sosok-Alexandra-Asmasoebrata-2

Alexandra Asmasoebrata adalah putri ketiga dari pasangan Alex Asmasoebrata dan Hj. Sofia Muri Mardiana. Ayah Alexandra Asmasoebrata memang seorang pembalap. Bahkan Alex Asmasoebrata dikenal sebagai pembalap yang seangkatan dengan Aswin Bahar, Deyu, Dolly Indra Nasution dan Tinton Suprapto. Meski demikian, Alexandra Asmasoebrata menyangkal bahwa karirnya di dunia balap ini berkat sang ayah. Alexandra Asmasoebrata memulai debutnya di ajang gokart pada saat ia berusia 12 tahun. Pada saat itu ia tampil sebagai kadet 60cc. Pada ajang tersebut ia pernah beberapa kali berhasil meraih juara pertama. Namun setahun kemudian ia pindah ke kelas 125cc. Prestasinya pada kala itu cukup membanggakan. Bahkan Alexandra Asmasoebrata juga pernah sampai ke ajang setingkat ASEAN.

Berkat performanya yang memukau, Andra akhirnya diberi tawaran untuk masuk ke dunia balap internasional. Akhirnya ia pun mengikuti kualifikasi Formula BMW Scholarship pada tanggal 27–29 Februari 2004 di Spanyol. Pada tahun 2007 Alexandra Asmasoebrata semakin aktif di dunia balap internasional. Bahkan selain mengikuti kejuaraan gokart ia juga mengikuti kejuaraan Formula Renault Asia. Karena prestasi yang berhasil dicapainya, Andra memperoleh penghargaan dari MURI sebagai pembalap perempuan pertama Indonesia.

Penghargaan tersebut diperolehnya tepat pada tanggal 21 April tahun 2007. Tidak hanya tampil sebagai pembalab wanita pertama Indonesia saja, di kancah internasional Alexandra Asmasoebrata juga dikenal sebagai pembalap perempuan pertama di Asia. Beberapa prestasi yang pernah ia raih diantaranya adalah 2002 1st champion National Kart Championship, 2005 1st champion National Kart Championship, 2005 13th World Championship Junior rotax max dan 2005 1st China Formula Campus Asian Division.

Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua ,dan dapat menambah wawasan pengetahuan tentang dunia balap . Sampai jumpa Pada Artikel selanjutnya,,,,,,,,,,

=====================================BYE===============================

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar